Selasa, 24 Juli 2012

Khasiat Madu

Siapa yang suka Madu? 

Pasti hampir semua orang suka madu, minuman ini manis dan menyehatkan, kecuali ibu ibu pasti tidak mau kalau dimadu, ha..ha..ha

Khasiat Madu

Khasiat Madu bagi tubuh Manusia
Sejak 2500 tahun SM madu sudah disukai oleh manusia, walaupun nenek moyang kita saat itu belum tahu tentang ilmu kesehatan, tetapi saat mereka menemukan madu kemudian memakan dan meminumnya mereka merasakan tubuh mereka segar sekali.  
Khasiat Madu sebagai obat tradisional
Madu telah digunakan di banyak negara sebagai obat. Madu merupakan salah satu aspek penting dari obat tradisional. Para ilmuwan juga meneliti khasiat madu dalam pengobatan modern, terutama manfaatnya dalam penyembuhan luka. Di Cina madu dari jenis lebah tertentu dapat menyembuhkan luka dan penyakit tertentu.

Sebagai obat, madu tidak mempunyai efek samping, dan tidak berpengaruh terhadap obat lain dan dapat dicampur dengan obat lain untuk minum.

Khasiat madu antara lain juga sebagai berikut:
  1. Sebagai pemanis: sebagai pengganti Gula dalam makanan dan minuman. Karena madu mengandung sekitar 69% glukosa dan fruktosa. Biasanya orang yang meminum susu ditambahkan madu sebagai perasa. Orang orang didesa bahkan menambahkan telor ayam kampong dan jahe, jadi STMJ, Susu Telor Jahe Madu, memperkuat fisik dan kekebalan tubuh.
  2.  Mengurangi Berat Badan: Meskipun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, madu jika dikonsumsi dengan segelas air hangat membantu dalam mencerna lemak yang tersimpan di tubuh Anda tanpa menguras energi. Demikian pula madu dan jus lemon, madu dicampur dengan kayu manis sangat membantu dalam mengurangi berat badan. 
  3. Meningkatkan Kinerja Atlet: Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu, berfungsi sangat baik untuk membantu meningkatkan kinerja atlet. Madu memfasilitasi dan menjaga tingkat gula dalam darah, membuat rilex otot dan pemulihan glikogen setelah latihan. 
  4. Mempunyai sifat antibakteri dan antijamur: Madu memiliki sifat anti bakteri dan anti-jamur dan karena itu dapat digunakan sebagai antiseptik alami, mencegah infeksi dalam luka, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.
  5. Sebagai Sumber Vitamin dan Mineral: Madu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang terdapat dalam madu tergantung pada jenis bunga yang dikonsumsi oleh Lebah. 
  6. Madu dapat membantu mencegah kanker, karena Karsinogen dalam madu adalah sebagai anti tumor.
  7.  Madu sebagai obat sakit tenggorokan, yaitu dengan 1 sendok makan madu dua kali sehari Dengan 2 sendok teh madu dalam secangkir the Chamomile sebelum tidur akan membuat saraf menjadi tenang dan tidur menjadi nyenyak. 
  8. Madu juga membantu memperbaiki system percernaan, dan sangat mudah dicerna dan dikonsumsi oleh anak anak. 2 sendok makan madu setiap hari akan memberikan ekstra energy buat anak anak sepanjang hari.  
  9. Sebagai Perawatan Kulit. dibeberapa Tempat Spa dan salon kecantikan Susu dan madu sering digunakan bersama-sama karena baik sebagai karena membantu dalam mendapatkan kulit halus. Dibanyak Negara, orang orang telah terbiasa mengkonsumsi susu dan madu setiap hari di pagi hari untuk mendapatkan Energi tambahan. 
  10. Sebagai Antioksidan: Madu mengandung terapi, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Akibatnya, kekebalan tubuh kita akan meningkat. 
  11. Madu sebagai antiseptic menjaga luka tetap bersih dan bebas infeksi serta menghambat pertumbuhan bakteri tertentu , bisa digunakan untuk pertolongan pertama pada luka, luka bakar. 

Inilah beberapa khasiat madu,  hati hati membeli madu karena dipasaran banyak sekali dijual madu palsu yang mirip sekali dengan aslinya, nah untuk membedakan madu asli dan palsu sbb:
 
Cara membedakan madu asli dan palsu :
  • Gampang sekali Ambil kertas dan tuangkan madu beberapa tetes, kalau madu asli tidak akan mudah tembus dikertas, tetapi kalau madu palsu maka dia akan mudah diserap oleh kertas karena kandungan air tinggi.
  • Madu asli akan membentuk gas saat botol tempat madu dikocok.
  • Apabila madu dicampur dan dikocok dengan telur ayam. maka madu yang asli yang akan membentuk gumpalan dan rasa telur berubah menjadi seperti sudah digoreng.
  • Tuangkan madu pada gelas berisi air. Madu asli jika dituang ke dalam gelas berisi air akan langsung jatuh ke dasar gelas, sedangkan madu palsu akan menyebar.
  • Madu Palsu apabila dimasukkan frezer kandungan airnya akan mengkristal

Pilihlah madu asli daerah, karena lebah lebah madu dan tanaman medianya masih belum tercemar oleh lingkungan salah satunya Madu Kupang, karena madu kupang sangat terkenal khasiatnya, jika anda ingin membeli madu Kupang  KLIK DISINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar